Kamis, 09 September 2010

Pasar Bandeng Gresik,, mo lihat bandeng superjumbo? monggo

Gresik oh Gresik... riwayatmu kini, kemarin kisruh pemilukada (ane nggak ikutan milih soalnya udah berangkat ke Depok, sempet nyesel sih -_-) sampai sekarang masih vacuum of power.
anyhoow, berhubung ramadhan udah mo kelar ni persilahkan ane untuk memperkenalkan satu dari banyak tradisi bulan ramadhan aseli dari Gresik.

*jren jreng jreng
PASAR BANDENG !!


Pasar Bandeng, tradisi tahunan yang biasanya diperingati dua hari sebelum malam takbiran. Disini bandeng, sebagai atraksi utama, dilelang di daerah pasar sampai ke arah Giri. Tradisi sudah berlangsung sejak lama, bahkan setua kota gresik sendiri, ane kurang paham yang masalah sejarah sih tapi oh well. Banyak juga orang yang bilang bahwa tradisi ini diturunkan oleh Sunan Giri sendiri.

Di Pasar Bandeng, anda bisa melihat bandeng-bandeng mulai dari yang sekecil buku hingga segede gajah (hakakakakak lebay ane ga tau sih perbandingan gedenya, yg jelas gede lah). Harganya bandeng pun  bisa mencapai jutaan. Rekor penjualan tahun ini diraih oleh bandeng seberat 8,2 kilogram milik pak Askur dengan harga 11,5 juta.. wah selamat ya pak, mau dibuat beli sepeda montor nih? ato pengen beliin ane baju koko? hehe

Pasar Bandeng Gresik adalah kegiatan tahunan yang tidak hanya dikenal di tingkat regional lagi, namun juga di tingkat nasional, dan bahkan turis mancanegara juga menyempatkan diri melihat pasar bandeng Gresik. Ane harap acara ini terus berkembang dari tahun ke tahun untuk memacu dunia pertambakan Gresik. Dengan acara ini kan para penambak di Gresik semakin terpacu untuk memanen ikan bandeng besar, siapa tahu besok ada penambak yang berhasil membudidayakan ikan bandeng segede truk,, who knows kan... asalkan nggak glonggongan ya pak hehe

gimana... tertarik berkunjung ke Gresik Kota Santri :-)?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar